Jumat, 07 Desember 2012

Desaku,,,,

 Desaku,,,,,


di Desaku yaitu desa Natah, Nglipar, Gunungkidul. di natah ada sebuah peninggalan sejarah yaitu Sendang Natah, warga desa natah kecamatan Nglipar percaya bahwa sendang natah mampu mengobati sejumlah penyakit. Menurut legenda sendang itu dibentuk oleh seorang pengembara berkuda menancapkan tongkatnya ketika dia kelelahan dan hampir sekarat.

Nama natah diberikan karena penduduk desa itu dahulu banyak yang bekerja tukang ukir kayu. kesejahteraan rakyat desa natah mrngatakan air dari sendang itu sangat berguna bagi warga Desa. Banyak penderita flu, kencing batu, dan berbagai penyakit sembuh setelah minum air sendang natah.

Pernah ada penelitian yang mengatakan air sendang banyak mengandung mineral, berbeda dengan air minum lainnya, itulah yang membuat air itu banyak menyembuhkan penyakit. Meski demikian air sendang Natah tidak dapat digunakan sebagai keperluan sehari-hari seperti mencuci atau mandi.Warga sangat mengeramatkan sendang itu dan menjaganya.
Air sendang natah tidak cuma di kunjungi warga natah loooo.... air sendang natah juga di kunjungi warga di luar Gunungkidul seperti warga Solo, Pekalongan, Ngawi juga percaya kasiat air sendang itu...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar